Hubin

August 1, 2017

Industries hubin darsal

BIDANG Hubungan Industri dan Masyarakat atau Hubungan kerja sama industri atau hubungan industry (HUBIN) adalah suatu fungsi yang dibentuk dilingkungan SMK Darussalam Panongan dengan tujuan menjembatani SMK Darussalam Panongan dengan Industri dan masyarakat luas dalam memberikan layanan jasa Praktek kerja industri  (PRAKERIN) dan informasi sesuai fungsi dan tugas SMK Dasrussalam Panongan.

SMK Dasrussalam Panongan sebagai institusi pendidikan Islam yang bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan profesional dalam menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan teknologi, menggunakan pendekatan konsep Production Based Education (PBE) dalam proses pengajarannya. Dimaksudkan disini adalah sedekat mungkin diusahakan agar siswa sejak awal sudah terlibat dengan kegiatan dan suasana produksi industri secara nyata. Untuk itu SMK Dasrussalam Panongan berusaha menghadirkan kegiatan proses pekerjaan Industri kedalam Sekolah(simulasi) dan atau membawa siswa kedalam industri diluar sekolah(kunjungan industri ,magang dan Praktek kerja Industri). Dalam upaya menghadirkan kegiatan tersebut ke dalam Sekolah, maka HUBIN SMK Dasrussalam Panongan berusaha membuat kerja sama(MOU) dengan Industri/perusahaan untuk mendapatkan permintaaan Calon Tenaga Kerja yang professional . Sedangkan untuk memberikan suasana industri secara nyata diluar sekolah, maka HUBIN SMK Dasrussalam Panongan berusaha menempatkan siswa PRAKERIN pada Kelas Dua diluar sekolah dengan durasi pelaksanaan minimal 1 bulan dan maksimal 2 Bulan.

 

Bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah

Berhubungan dengan :

  1. Ketua Program Keahlian
  2. Seluruh Tenaga Pendidik
  3. Tata Usaha
  4. Pelanggan (Siswa, Orangtua Siswa, DU/DI)

Tugas :

1. Menyusun Program Kerja sesuai Kebijakan Mutu dan Sasaran Mutu.
2. Mengikuti Rapat Tinjauan Manajemen Sekolah.
3. Melaksanakan Program Kerja
4. Memonitor dan Mengevaluasi Pelaksanaan Hubungan Kerjasama Industri (Prakerin, Penelusuran dan Pemasaran Tamatan).
5. Menindaklanjuti Hasil Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Hubungan Kerjasama Industri (Prakerin, Penelusuran dan Pemasaran Tamatan).
6.  Mengkordinir pelaksanaan uji kompetensi.
7. Melaporkan dan mengkoordinasikan hasil Pelaksanaan Hubungan Kerjasama Industri dalam Rapat Dinas Tim Manajemen.
8. Mewakili dan atau melaksanakan tugas Kepala Sekolah sesuai bidang Hubungan Kerjasama Industri.
9.
Mengkoordinir penelusuran tamatan.
10. Mengkoordinir persiapan dan pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin).

Wewenang :

1. Mewajibkan setiap ketua program keahlian untuk memiliki dokumen kerja sesuai tugas pokok dan fungsinya.
2. Mengkoordinir proses analisis kebutuhan pelanggan dan mendeskripsikannya dalam program kerja yang harus dilaksanakan oleh tim kerja/dan atau Program Studi Keahlian terkait.
3. Penyelenggaraan penelusuran dan pemasaran tamatan sesuai dengan tuntutan pasar kerja, standar kerja dan standar kompetensi
4. Penyelenggaraan penelusuran dan pemasaran tamatan sesuai dengan tuntutan pasar kerja, standar kerja dan standar kompetensi
5.
6.
7.